Senin, 04 Juni 2012

5.2 komunikasi sebagai perantara

komunikasi adalah wadah atau sarana didalam bidang komunikasi. Media komunikasi juga suatu benda atau alat yang digunakan sebagai perantara untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. Televisi dan radio adalah contoh menjadi paling sukses menjadi pendorong perubahan. Adanya macam-macam komunikasi antara lain :
 Media cetak
 Media elektronik

Media cetak
Media cetak adalah suatu alat yang digunakan sebagai perantara untuk menginformasikan suatu hal atau masalah kepada masyarakat dalam bentuk cetak. Contoh- contoh media cetak antara lain :
 Koran
 Majalah
 Pamflet
 Spanduk

Media cetak dapat berpengaruh besar bagi masyarakat, bisa berpengaruh positif maupun negatif.
Berpengaruh positif antara lain :
 Menambah pengetahuan atau wawasan
 Mengetahui dunia global
 Bisa mempelajari hal-hal yang belum diketahui
 Meningkatkan suatu karya

Berpengaruh negatif antara lain :
 Tidak semua umur bisa membaca media cetak (khususnya anak-anak karena di media cetak terdapat suatu kolom yang tidak pantad di baca jika belum cukup umur)
Media elektronik
Media elektronik adalah suatu alat digunakan sebagai perantara untuk menginformasikan suatu hal atau masalah kepada masyarakat dalam bentuk elektronik. Media elektronik dapat berbentuk analog maupun digital.
Seperti media cetak , media elektronik banyak yang berpengaruh juga terhadap lingkungan.

Berpengaruh positif antara lain :
 Lebih mudah mencari informasi
 Bisa di bawa kemana-man seperti Hp, note book
 Produkvitas karya

Berpengaruh negatif antara lain :
 Menjadi malas karena instan
 Menggampangkan sesuatu hal

Dari analisa saya perbandingan antara media cetak dan media elektronik adalh sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tapi saya lihat dari segi gaya hidup mayoritas masyarkat Indonesia lebih memilih yang instan atau lebih mudah. Didukung dengan kecanggihan teknologi saat ini, media cetak juga sangan pentik, karena bisa membahas sesuatu topik secara detail. Alangkah baiknys antara media cetak dan media elektronik dijalankan dengan seimbang, pasti ilmu pengetahuan atau wawasan yang kita pelajari akan didapat secara optimal.

sumber : kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar