Senin, 04 Juni 2012

8.1 Evaluasi Prestasi

Evaluasi Prestasi

Evaluasi prestasi terdiri atas:
  1. Evaluasi akhir tiap semester. Evaluasi akhir tiap semester, diadakan untuk menentukan banyaknya nilai kredit yang dapat diambil pada semester berikutnya.
  2. Evaluasi akhir semester ke empat. Evaluasi akhir semester ke empat, diadakan untuk menentukan apakah seorang mahasiswa berhak melanjutkan studinya pada semester berikutnya. Di dalam hal ini, mahasiswa yang berhak melanjutkan studi ke semester lima adalah yang memperoleh IP sekurang-kurangnya berbobot 2,30.
  3. Evaluasi akhir program. Evaluasi akhir program, dilaksanakan pada akhir seluruh program pendidikan, meliputi seluruh hasil belajar yang dicapai oteh mahasiswa sejak terdaftar sebagai mahasiswa sampai saat evaluasi dilakukan. Nilai minimal kelulusan akhir program dari seorang mahasiswa adalah berbobot IPK 2,40 dan nilai Kepribadian akhir (Kondisi folder mahasiswa hinga akhir perkuliahan), adalah baik.

    Teknik Evaluasi Prestasi
    Dalam mengevaluasi prestasi terdapat teknik-teknik seperti :
    1.        Skala Pengharkatan Berdasarkan Perilaku
    Merupakan bentuk evaluasi yang menggunakan kejadian kritis atau contoh perilaku kerja khusus untuk menentukan berbagai tingkat prestasi.
    2.        Manajemen Berdasarkan Sasaran atau Penyususnan Tujuan.
    Melibatkan pertemuan atasan – bawahan guna membicarakan dan secara bersama-sama menyususn sasaran bagi bawahan untuk jangka waktu tertentu.
    3.        Tehnik Pusat Penilaian
    Serangkaian latihan dimana para calon untuk promosi, pelatihan atau program manajerial lain selama 2 atau 3 hari sementara diamati dan diharkat. Wawancara balikan evaluasi prestasi merupakan bagian esensial dari setiap program balikan menyediakan informasi tentang bagaimana pandangan orang lain terhadap prestasi kerja pegawai yang diharkat. Bagian yang lain pengkaitan prestasi dan kemajuan dengan mengembangkan karier.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar