Proses komunikasi adalah bagaimana sang komunikator menyampaikan pesan 
kepada komunikannya, sehingga dapat dapat menciptakan suatu persamaan 
makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses Komunikasi ini 
bertujuan untuk menciptakan komunikasi yag efektif (sesuai dengan tujuan
 komunikasi pada umumnya).
Proses Komunikasi, banyak melalui perkembangan. Pada penjelasan ini, 
akan dijelaskan berbagai proses komunikasi melalui model-model 
komunikasi itu sendiri :
1.1 Model Komunikasi Aristoteles
Aristoteles menerangkan tentang model komunikasi dalam bukunya 
Rhetorica, bahwa setiap komunikasi akan berjalan jika terdapat 3 unsur 
utama :
1. Pembicara, yaitu orang yang menyampaikan pesan
2. Apa yang akan dibicarakan (menyangkut Pesan nya itu sendiri)
3. Penerima, orang yang menerima pesan tersebut.
1.2 Model Komunikasi David K.Berlo
Dalam model komunikasi David K.Berlo, diketahui bahwa komunikasi terdiri
 dari 4 Proses Utama yaitu SMRC (Source, Message, Channel, dan Receiver)
 lalu ditambah 3 Proses sekunder, yaitu Feedback, Efek, dan Lingkungan.
1. Source (Sumber), Sumber adalah seseorang yang memberikan pesan atau 
dalam komunikasi dapat disebut sebagai komunikator. Walaupun sumber 
biasanya melibatkan individu, namun dalam hal ini sumberjuga melibatkan 
banyak individu. Misalnya, dalam organisasi, Partai, atau lembaga 
tertentu. Sumber juga sering dikatakan sebagai source, sender, atau 
encoder.
2. Message (Pesan), pesan adalah isi dari komunikasi yang memiliki nilai
 dan disampaikan oleh seseorang (komunikator). Pesan bersifat menghibur,
 informatif, edukatif, persuasif, dan juga bisa bersifat propaganda. 
Pesan disampaikan melalui 2 cara, yaitu Verbal dan Nonverbal. Bisa 
melalui tatap muka atau melalui sebuah media komunikasi. Pesan bisa 
dikatakan sebagai Message, Content, atau Information
3. Channel (Media dan saluran komunikasi), Sebuah saluran komunikasi 
terdiri atas 3 bagian. Lisan, Tertulis, dan Elektronik. Media disini 
adalah sebuah alat untuk mengirimkan pesan tersebut. Misal secara 
personal (komunikasi interpersonal), maka media komunikasi yang 
digunakan adalah panca indra atau bisa memakai media telepon, telegram, 
handphone, yang bersifat pribadi. Sedangkan komunikasi yang bersifat 
massa (komunikasi massa), dapat menggunakan media cetak (koran, 
suratkabar, majalah, dll) , dan media elektornik(TV, Radio). Untuk 
Internet, termasuk media yang fleksibel, karena bisa bersifat pribadi 
dan bisa bersifat massa. Karena, internet mencakup segalanya.
sumber : www.kuliahkomunikasi.com 
 
sangat membantu untuk refrensi tugas saya
BalasHapusizin share blog min http://ititudisini.blogspot.co.id/